Istilah water hammer apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah ketukan air / pukulan air adalah kondisi dimana air dalam jumlah yang relatif banyak masuk kedalam ruang bakar dan terkompresikan oleh piston.
Karena sifat dasar air adalah zat cair yang tidak dapat dikompresikan, maka yang terjadi adalah tekanan yang sangat kuat dari air yang melawan gaya dorong / langkah kompresi yang dihasilkan oleh piston.
Perlawanan gaya dorong dari langkah kompresi dengan tekanan air akan menimbulkan perlawanan gaya dalam ruang bakar. Besarnya perlawanan gaya ini akan merusak komponen mesin yang kekuatan bahannya rendah. Dalam kondisi yang demikian, akan terjadi kerusakan pada komponen mesin. Sebagai contoh, permukaan piston yang pecah (berlubang) atau batang connecting rod yang bengkok dan lain sebagainya.
Apabila timbul pertanyaan, darimanakah asal air yang masuk kedalam ruang bakar?
Salah satu yang menjadi sumbernya adalah terjadinya kebocoran air pendingin pada cylinder head yang kemudian masuk kedalam ruang bakar. Terkait dengan adanya kebocorannya, tentunya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.
Mungkin oleh kelelahan bahan yang mulai keropos, o-ring pendingin yang tidak kedap dan lain sebagainya.
Ilustrasi water hammer. (Foto by: otomodif97.wordpress.com)
Hal yang perlu dilakukan adalah optimalisasi tindakan perawatan sebagai langkah preventif terjadinya kerusakan.
0 komentar:
Posting Komentar