Just another free Blogger theme

Belajar tentunya tidak memiliki batasan. Usia, ruang, waktu dan bobot materi tentu bukan hal yang membatasi kemauaan untuk semakin mengerti. Karena hekekatnya semangat dan kemauan akan selalu menjadi alasan yang mendasar seorang titah untuk semakin paham dan memahami. 

Isyarat bendera diatas kapal tentunya sangat dekat dengan awak kapal di bagian deck. Namun, sebagai awak kapal bagian mesin tentunya tidak "diharamkan" untuk tahu arti dari isyarat bendera tersebut. Hal ini tidak lain sebagai dasar kenautikaan bagi awak kapal bagian mesin. 
Isyarat bendera yang terpasang akan memberikan informasi atas suatu kapal kepada lingkungan selitarnya. Berikut ini adalah arti isyarat bendera yang tersusun secara alphabetis.

Alphabetical Flags (foto by: Dokumentasi pribadi penulis_Marine store guide 5th edition)




A / Alfa = Dibawah ada penyelam

B / Bravo = Kapal saya sedang membawa muatan berbahaya / sedang bunker

C / Charlie = Berita yang lalu masih berlaku / YA

D / Delta = Kapal saya sedang mengalami kesulitan manouver

E / Echo= Saya sedang merubah haluan ke kanan

F / Foxtrot = Kapal saya sedang mengalami kesusahan

G / Golf= Kapal saya memerlukan pandu

H / Hotel= Diatas kapal ada pandu

I / India = Saya sedang merubah haluan ke kiri

J / Juliet= Kapal sedang fire / leaking muatan berbahaya

K / Klilo = Saya sedang berkomunikasi dengan Anda

L / Lima = Segera hentikan kapal Anda

M / Mike = Kapal saya berhenti tidak dapat bergerak

N / November = Tidak / Kapal saya bebas pandu

O / Oscar= Man Over-Board

P / Papa = Saya memancing dilaut

Q / Quebec = Kapal saya sehat / bebas karantina

R / Romeo = Kapal saya berhenti, lewati saya dengan hati - hati

S / Siera = Mesin saya mau mundur

T / Tanggo = Saya sedang trolling secara berurutan

U / Uniform = Anda sedang menuju tempat berbahaya

V / Voxtrot = Saya minta pertolongan

W / Whisky = Saya minta pertolongan medis

X / X-Ray= Hentikan niat anda, ikuti saya

Y / Yankee = Saya sedang menggarukkan jangkar

Z / Zulu = Saya sedang menebar jaring

Numeral Pennants (foto by: Dokumentasi pribadi penulis_marine store guide 5th edition)


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar