Just another free Blogger theme

Variable injection timing merupakan penyempurnaan pompa bahan bakar konvensional yang memungkinkan pengaturan jumlah (quantitiy) dan waktu (timing) pengkabutan bahan bakar. (Pompa bahan bakar konvensional hanya mengatur jumlah / quantitiy bahan bakar yang akan dikabutkan).  

Pada VIT fuel pump terdapat dua buah batang rack dengan perannya masing masing. Batang rack sisi bawah akan mengatur jumlah bahan bakar yang akan dikabutkan dengan cara menggerakkan plunger membuka atau menutup saluran bahan bakar (seperti halnya pada pompa bahan bakar konvensional). Batang rack sisi atas akan mengatur waktu pengkabutan (timing) dengan menggerakkan barrel membuka dan menutup saluran bahan bakar.

MAN B&W 6L 50 MC dengan VIT fuel pump. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)

Alasan penggunaan VIT Fuel pump adalah untuk penghematan pemakaian bahan bakar. Penghematan bahan bakar dapat dicapai dengan memajukan waktu pengkabutan bahan bakar sehingga tekanan maksimal pembakaran akan dicapai pada 85% MCR (maximum continous rate).

Variable Injection Timing Fuel Pump. (Foto by: marine diesels. co. uk)

Sistem VIT Fuel pump diatur tidak ada perubahan waktu injeksi (timing) pada saat mesin beroperasi pada beban rendah lebih kecil atau sama dengan 40% MCR. Perubahan waktu injeksi tidak mengalami perubahan pada putaran rendah untuk menghindari perubahan yang terlalu sering pada fuel pump lead selama olah gerak. Saat mesin telah mencapai 85% MCR, servo akan menggerakkan rack untuk mencapai tekanan maksimal pembakaran yang paling efektif.

Diagram tenaga mesin dengan dan tanpa menggunakan VIT. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis_marine diesel co. uk)



Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar