Just another free Blogger theme

Beberapa indikator sederhana terkait dengan masalah naiknya temperaur gas buang pada salah satu silinder diantaranya adalah,
  1. Exhaust gas thermometer rusak / error. Ini merupakan identifikasi sederhana terkait dengan kondisi naiknya temperatur gas buang pembakaran. Apabila thermometer dapat bekerja dengan baik dan normal, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas pembakaran dalam combustion chamber.
  2. Fuel rack pada fuel injection pump tidak diatur dengan tepat. Lakukan pemeriksaan penunjukan batang rack. Kondisi normal memungkinkan deviasi / perbedaan rack antar silinder tidak lebih dari dua angka.
  3. Fuel injection valve tidak dapat mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna. Pemeriksaan fuel injection valve sangat diperlukan untuk memastikan FIV dapat mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna.
  4. Timming injection yang tidak tepat. Lakukan penyetelan timing injection. Panduan penyetelan waktu pengkabutan bahan bakar disesuaikan dengan jenis mesin berdasarkan petunjuk dari maker yang tertuliskan dalam manual book.
  5. Compression pressure (P. Comp) dalam silinder rendah. Lakukan pemeriksaan tekanan pembakaran (P. Max & P. Comp) dalam combustion chamber. Rendahnya tekanan kompresi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
  • Kebocoran kompresi karena kerusakan permukaan exhaust valve . Dalam kondisi ini dimungkinkan exhaust valve tidak dapat menutup rapat saat langkah kompresi. Apabila teridentifikasi ketidakrapatan penutupan exhaust valve, perlu dilakukan "skir/skur" atau grinding exhaust valve.
  • Blow-by yaitu kebocoran udara kompresi kedalam crankcase (pada mesin empat langkah) atau dalam ruang udara bilas (pada mesin dua langkah) yang terjadi karena keausan cylinder liner & piston rings. Kebocoran kompresi karena blow-by mewajibkan penggantian komponen cylinder liner atau piston rings yang mengalami keausan. Scavenge fire dan crankcase explosion merupakan contoh yang lebih fatal akibat blow-by yang tidak ditangani dengan segera.
Selector instrumen temperatur mesin induk dan permesinan bantu. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)

 


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar