Beberapa indikator sederhana terkait dengan masalah naiknya temperaur gas buang pada salah satu silinder diantaranya adalah,
- Exhaust gas thermometer rusak / error. Ini merupakan identifikasi sederhana terkait dengan kondisi naiknya temperatur gas buang pembakaran. Apabila thermometer dapat bekerja dengan baik dan normal, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas pembakaran dalam combustion chamber.
- Fuel rack pada fuel injection pump tidak diatur dengan tepat. Lakukan pemeriksaan penunjukan batang rack. Kondisi normal memungkinkan deviasi / perbedaan rack antar silinder tidak lebih dari dua angka.
- Fuel injection valve tidak dapat mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna. Pemeriksaan fuel injection valve sangat diperlukan untuk memastikan FIV dapat mengkabutkan bahan bakar dengan sempurna.
- Timming injection yang tidak tepat. Lakukan penyetelan timing injection. Panduan penyetelan waktu pengkabutan bahan bakar disesuaikan dengan jenis mesin berdasarkan petunjuk dari maker yang tertuliskan dalam manual book.
- Compression pressure (P. Comp) dalam silinder rendah. Lakukan pemeriksaan tekanan pembakaran (P. Max & P. Comp) dalam combustion chamber. Rendahnya tekanan kompresi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
- Kebocoran kompresi karena kerusakan permukaan exhaust valve . Dalam kondisi ini dimungkinkan exhaust valve tidak dapat menutup rapat saat langkah kompresi. Apabila teridentifikasi ketidakrapatan penutupan exhaust valve, perlu dilakukan "skir/skur" atau grinding exhaust valve.
- Blow-by yaitu kebocoran udara kompresi kedalam crankcase (pada mesin empat langkah) atau dalam ruang udara bilas (pada mesin dua langkah) yang terjadi karena keausan cylinder liner & piston rings. Kebocoran kompresi karena blow-by mewajibkan penggantian komponen cylinder liner atau piston rings yang mengalami keausan. Scavenge fire dan crankcase explosion merupakan contoh yang lebih fatal akibat blow-by yang tidak ditangani dengan segera.
Selector instrumen temperatur mesin induk dan permesinan bantu. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)
0 komentar:
Posting Komentar