Just another free Blogger theme

Selain berkurangnya minyak lumas, bertambahnya level minyak lumas dalam tangki / carter merupakan kondisi yang tidak normal dalam operasional mesin. Beberapa penyebab bertambahnya permukaan minyak lumas diantaranya adalah,

1. Kebocoran air pendingin mesin.
Bertambahnya permukaan minyak lumas apabila disebabkan oleh kontaminasi oleh air, secara visual dapat terlihat warna keputihan pada minyak lumas. Sumber kebocoran dimungkinkan berasal dari:
  • rusaknya o-ring seal cyl liner.
  • keretakan cylinder block.
  • kontaminasi air hujan yang masuk melalui pipa peranginan (air mist pipe)
  • kontaminasi air got karena korosi permukaan pipa sounding (sounding pipe), korosi permukaan atas tangki (tank top & man hole) dll.
2. Kebocoran bahan bakar. 
Apabila minyak lumas terkontaminasi dengan bahan bakar, maka secara visual sukar untuk diidentifikasi. Namun, masalah kontaminasi ini dapat dengan mudah untuk diidentifikasi dengan menggunakan indra penciuman. Sumber kebocoran dimungkinkan berasal dari:
  • kerusakan o-ring seal fuel injection pump (FIP).
  • kerusakan seal pada feed pump (untuk jenis mesin yang pompa bahan bakarnya terpasang pada mesin).
Kontaminasi dengan jumlah yang kecil akan susah untuk dilakukan identifikasi namun, akan tetap memberikan pengaruh buruk terhadap operasional mesin. Perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kandungan yang pasti yang terkandung dalam minyak lumas.

Generator engine. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)



Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar