Just another free Blogger theme

Beberapa indikasi yang menyebabkan naiknya temperatur gas buang pada semua silinder diantaranya adalah,
  1. Engine room temperature tinggi yang memberikan efek secara langsung terhadap temperatur lingkungan kamar mesin serta meningkatkan temperatur udara bilas pembakaran. Temperatur dapat terpantau dari besarnya hasil pengukuran thermometer ruang yang ada di kamar mesin. Pastikan udara dapat bersirkulasi dengan baik melalui sky-light dan engine room blower fan.
  2. Over load. Beban berlebih pada mesin diantaranya disebabkan oleh bertambahnya tahanan pada sisi lambung kapal (terintip), tahanan yang besar pada propeller shaft (misal terbelit tali, jaring dll). Pemeriksaan penyelaman perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi sisi luar kapal (termasuk pemeriksaan terintip dan propeller shaft).
  3. Sistem udara bilas tidak bekerja dengan baik diantaranya adalah temperatur udara bilas yang tinggi dan / atau volume udara bilas yang berkurang karena air cooler kotor (pada sisi air pendingin dan/atau pada sisi udara bilas). Indikator kotornya air cooler dapat terpantau melalui thermometer dan "U" manometer yang terpasang pada sisi air cooler. Perawatan air cooler diperlukan untuk memastikan pasokan sistem udara bilas dapat terpenuhi dengan baik.
  4. Turbocharger performance drop. Menurunnya kinerja turbocharger akan mengurangi volume & tekanan udara bilas dalam mesin. Penurunan kinerja ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penurunan putaran rotor turbocharger (karena sudu - sudu blower / turbin side kotor), filter udara pada sisi blower side kotor. Selain itu, kondisi nozzle ring yang kotor akan menghambat aliran gas buang dan mengurangi putaran turbocharger.
  5. Exhaust gas boiler / exhaust gas economizer yang kotor. Kotoran yang terdapat pada permukaan exhaust gas boiler / economizer akan menghambat aliran bebas gas buang yang. Hambatan aliran gas buang ini akan memicu penurunan kinerja dari turbocharger. Perlu dilakulan pemeriksaan secara periodik terhadap sisi exhaust gas boiler / economizer saat mesin tidak beroperasi. Selain itu, pelaksanaan perawatan shoot blow dengan memanfaatkan steam perlu dilakukan pada saat mesin beroperasi.

Main engine dengan penataan silinder model "V". (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar