Just another free Blogger theme

Cooling water treatment (part 1), KLIK DISINI!

Perawatan terhadap sustem pendingin dilakukan terhadap media pendingin, pipa - pipa pendingin serta cooling space yang terdapat pada engine jacket, exh valve, top cover dll.

Tindakan perawatan terhadap sistem pendingin dilakukan dengan pembagian menurut waktu pengerjaannya. Pemeriksaan direkomendasikan untuk dikerjakan setiap minggu, setiap tiga bulan sekali dan berkala setiap tahun.

Pantauan kandungan kimia media pendingin dapat dilakukan dengan mengabil contoh (sample) cairan dari circulating system (Bukan dari tangki ekspansi).

1. Perawatan setiap minggu.
Perawatan berkala yang dilakukan setiap minggu dilakukan dengan memeriksa kandungan air dengan menggunakan test kit yang tersedia diatas kapal. Unsur yang diperiksa diantaranya,
  • Kandungan inhibitor, yang terkandung dalam air pendingin tidak boleh lebih rendah dari nilai yang direkomendasikan oleh supplier. Rendahnya kandungan inhibitor akan mempercepat reaksi kimia yang mengalibatkan korosi.
  • Kadar keasaman (pH) air pendingin harus dalan kisaran nilai 8.5 - 10 (pada temperatur 20°C). Kadar pH yang terlalu rendah mengindikasikan bahwa air pendingin bersifat asam. Keasaman air pendingin harus dihindari karena akan bersifat korosif yang akan merusak material. Rendahnya nilai pH dapat ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif berbentuk inhibitor dengan takaran sesuai kebutuhan. Kandungan pH yang terlalu tinggi dimungkinkan kontaminasi gas buang (kemungkinan ada kebocoran).
  • Kandungan chloride dengan nilai tidak lebih dari 50 ppm.

2. Perawatan berkala tiap tiga bulan.
Pemeriksaan setiap tiga bulan direkomendasikan dengan mengirimkan sample media pendingin untuk diujikan di labolatorium. Pemeriksaan akan mendapatkan hasil yang lebih detail terkait kandungan inhibitor, sulphate, iron & total salinity.

Mesin diesel empat langkah jenis V sebagai motor penggerak utama diatas kapal. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis)


3. Perawatan berkala setiap tahun
Apabila diperlukan, maker merekomendasikan untuk melakukan penggantian media pendingin secara menyeluruh kemudian melakukan perawatan dengan menambah zat aditif yang akan menjaga kualitas air.


Harus dilakukan pemantauan ulang kandungan air pendingin setelah pekerjaan perawatan mesin (misal : pasca-overhaul). Kebutuhan inhibitor sebagai zat aditif ditambahkan sesuai kebutuhan berdasarkan hasil pemeriksaan mandiri dengan test kit yang tersedia diatas kapal.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar