Just another free Blogger theme

Dalam pekerjaan overhaul exhaust valve terdapat beberapa jenis pengukuran yang menjadi "wajib" dilakukan terhadap komponen - komponen exhaust valve untuk menjamin optimalisasi kinerjanya saat terpasang pada mesin. Selain itu, pengukuran pada komponen juga menjadi salah satu dasar perawatan terhadap tindakan grinding exhaust valve. Artinya, data ukur yang didapatkan pada saat pekerjaan perawatan menjadi sangat penting perannya untuk menjamin optmalisasi engine performance pada umumnya.

Beberapa jenis pengukuran terhadap komponen exhaust valve diantaranya adalah,

1. Pengukuran terhadap celah sisi luar antara seating & spindle valve pada saat tertutup.

Seating exhaust valve pada mesin diesel dua tak putaran rendah pada umumnya memiliki dua buah alur (alur sisi luar dan alur sisi dalam) dengan permukaan yang berbeda. Dalam keadaan spindle valve terpasang, maka alur sisi luar akan tetap terbantuk celah yang akan meminimalkan rambatan panas berlebih pada saat mesin sedang beroperasi. Pada sisi alur bagian dalam, pada saat valve tertutup, tidak dikehendaki adanya celah pada sisi dalam antara seating dan spindle valve, artinya untuk menghindari kebocoran kompresi maka celah sisi dalam harus selalu rapat atau bernilai NOL.

Celah sisi luar antara seating & spindle diukur dengan cara,
  • Pada saat exhaust valve telah terlepas dari mesin (dalam kondisi setelah dibongkar ataupun akan dipasang kembali pada mesin), angkat menggunakan engine room over head crane sehingga spindle valve akan terbuka secara alami karena pengaruh gravitasi.

  • Sambungkan air cylinder dengan udara bertekanan sehingga air piston bekerja memfungsikan peran air spring system. Dalam kondisi ini yang dikehendaki adalah spindle valve tertutup pada saat housing valve diangkat.
  • Dengan menggunakan feeler gauge, ukur celah kedua alur (sisi luar dan sisi dalam) antara seating & spindle valve. Sesuaikan dengan rekomendasi maker sebagaimana tertulis dalam manual book.

2. Pengukuran terhadap kondisi permukaan seating dan spindle valve.

Seating dan spindle valve akan mengalami pengikisan permukaan yang dimaksudkan dengan keausan akibat dari panas yang terjadi dalam combustion chamber pada saat mesin tengah beroperasi. Pengikisan permukaan atau keausan yang berada pada luar batas yang direkomendasikan akan mengurangi kekuatan bahan dan akan berakibat fatal terhadap penurunan kinerja mesin pada umumnya serta kerusakan komponen pada saat tengah digunakan. Sebelum dilakukan pengukuran menggunakan template, maka permukaan seating dan spindle valve harus dipastikan dalam keadaan bersih terhadap kotoran dan/atau kerak deposit. Terdapat beberapa jenis pengukuran yang dilakukan terhadap seating dan spindle valve, diantaranya:
  • Pengukuran seating valve dengan bantuan template sebagai special tool terhadap celah permukaan seating. Dengan menggunakan template special tool (sesuai ilustrasi pada gambar) diukur celah dengan menggunakan feeler gauge antara sisi permukaan seating dengan tools. Data ukur yang didapatkan kemudian dibandingkan dengan pengukuran pada poin nomor satu diatas.

  • Pengukuran seating valve dengan bantuan template special tool terhadap derajat kemiringan permukaan seating. Kerataan permukaan seating menjadi salah satu inidikator tindakan grinding exhaust valve. Pada sisi template special tool telah tergambarkan batasan (limit) yang menjadi acuan toleransi tingkat keausan permukaan seating. Artinya, apabila data ukur didapatkan nilai yang melebihi batas toleransi yang diizinkan oleh maker,  maka tindakan yang diambil adalah penggantian unit seating.
  • Pengukuran permukaan spindle valve dengan menggunakan template sebagai special tool. Letak titik pengukuran permukaan spindle adalah sesuai  dengan ilustrasi gambar. Diambil data ukur  sesuai dengan titik A, B, C maupun D pada permukaan valve.


3. Pengukuran diameter luar batang spindle valve & diameter dalam valve bushing.

Batang spindle valve akan mengalami prngikisan akibat dari gesekan pada saat mesin tengah beroperasi. Batas maksimal tingkat keausan yang ditoleransi oleh maker harus menjadi acuan atas kondisi diameter batang spindle valve. Valve bushing yang merupakan "rumah" dari diameter spindle valve perlu dilakukan pengukuran diameternya. Keausan memungkinkan bertambahnya diameter dalam valve bushing. (ilustrasi pengukuran sesuai dengan gambar).
Contoh pengukuran batan spindle pada mesin MAN B&W Type 6L 50 MC

Pengukuran in-diameter pada valve bushing.



4. Pengukuran tekanan safety valve.

Safety valve yang terpasang pada sisi air cylinder menjadi katup pengaman yang efektif pada saat terjadi tekanan berlebih pada saat operasional mesin. Tekanan kerja safety valve harus di-adjust secara tepat untuk memastikan keamanan dan keselamatan operasional exhaust valve. Pengukuran tekanan kerja safety valve menggunakan high pressure pump (pada umumnya alat ini sama dengan yang digunakan untuk mengukur tekanan fuel injection valve). 
Tekanan yang kurang sesuai dapat diatur dengan memutar adjusting screw searah putaran jarum jam untuk meningkatkan tekanan kerja dan memutar adjusting screw berlawanan arah putaran jarum jam untuk menurunkan atau mengurangi tekanan kerja safety valve.
Pressure test pada safety valve.



5. Pengukuran kelengkapan komponen yang terdapat pada oil cylinder.

Dalam oil cylinder terdapat beberapa komponen yang bekerja sebagai kesatuan sistem penggerak hidrolik membukanya exhaust valve pada saat langkah buang mengalirkan sisa gas buang dari dalam combustion chamber menuju funnel. 
Keausan komponen yang terdapat pada oil cylinder akan mengurangi kinerja sistem penggerak hidrolik dalam membuka valve. 
Komponen dalam oil cylinder yang perlu dilakukan pengukuran dimensinya diantaranya adalah,
  • Pengukuran terhadap diameter dalam permukaan oil cylinder. Keausan akan mengakibatkan pertambahan diameter dalam silinder.
  • Pengukuran diameter luar piston.
  • Pengukuran ketebalan dan tinggi permukaan ring piston.
Piston & rings untuk oil cylinder.



Oil cylinder untuk exhaust valve.




NB : Seluruh dokumentasi foto diperoleh dari manual book MAN B&W diesel engine series.


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar