Just another free Blogger theme

Beberapa tangki penyimpanan diatas kapal memiliki bentuk yang tidak simetris. Hal ini memungkinkan terjadinya kesulitan apabila awak kapal sebagai operator menghendaki untuk mengetahui volume aktual dari tangki tersebut. Belum lagi ditambah dengan kondisi kapal yang bergerak dinamis diatas air dengan pengaruh kemiringan, temperatur serta stabilitas kapal. Hal yang demikian menjadi faktor pendukung semakin bertambahnya kesulitan untuk memantau volume aktual tangki yang ada diatas kapal.

Dalam proses membangun kapal, sang naval architect telah menghitung koefisien volume tangki yang dituliskan dalam tabel perhitungan volume tangki (tabel sounding). Beberapa unsur yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil perhitungan yang valid diantaranya adalah,

  1. Hasil sounding tangki. Ini merupakan tinggi cairan yang ada dalam tangki. Operator dapat menggunakan alat bantu meter sounding untuk mengetahui tinggi cairan dalam tangki. Dalam beberapa perhitungan, nilai hasil sounding ini dapat digantikan dengan besaran nilai ullage pada tangki.
  2. Trim kapal (kemiringan membujur kapal). Trim kapal harus diketahui secara aktual untuk menunjang hasil perhitungan yang aktual. Kondisi kapal dengan trim negatif, positif ataupun even-keel akan menghasilkan perhitungan yang berbeda pada hasil sounding yang sama. Hal ini yang menjadikan sebab perhitungan trim harus dipastikan secara akurat.
  3. Derajat kemiringan kapal. Derajat kemiringan kapal merupakan hal yang sama pentingnya seperti trim kapal. Kemiringan kapal ke kanan atau ke kiri sangat mempengaruhi volume tangki. Kemiringan kapal dapat dipantau melalui clino-meter yang biasanya terpasang pada ship office, bridge & engine room.
  4. Temperatur ruang dan temperatur zat cair.  Unsur ini menjadi salah satu yang menentukan hasil aktual perhitungan volume zat cair dalam tangki. 
  5. Berat jenis zat cair.
Kalkulasi bahan bakar dengan berat jenis KLIK DISINI!

Dalam perhitungan volume suatu tangki diatas kapal, berikut penulis berikan contoh sederhana perhitungan yang terdiri dari dua unsur perhitungan yaitu hasil sounding dengan trim kapal.

Contoh (perhitungan sederhana),
Diketahui hasil sounding tangki FO no. 1C pada MV. Pretty Lake adalah sebesar 8 cm, dengan trim kapal sebesar 1,0 (by stern). Berapakah volume tangki tersebut.? 


Perhitungan ini menggunakan tabel sounding sebagai sarana bantu hitung. Cara bacanya menyesuaikan besaran hasil sounding dengan nilai trim kapal yang kemudian ditentukan nilai pertemuan  vertikal dan horisontalnya. 

Contoh tabel sounding MV. Pretty Lake (foto by: arsip pribadi penulis).

Berdasarkan tabel sounding diatas, maka pertemuan hasil sounding 8cm dengan trim 1,0 adalah sebesar 14,48. Artinya, volume tangki FO 1C dengan kondisi tersebut diatas adalah sebesar 14,48M³.

Contoh perhitungan volume tersebut hanya menggunakan dua unsur perhitungan (hasil sounding dan trim). Apabila diinginkan untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih detail terkait dengan volume aktual tangki, tentunya harus mensertakan unsur perhitungan yang lain. Dengan unsur perhitungan yang lain tersebut maka akan dilakukan koreksi - koreksi perhitungan menggunakan koefisien yang telah ditentukan. 

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar