Just another free Blogger theme

 Mesin diesel yang digunakan diatas kapal terdiri atas beberapa suku cadang yang saling berkaitan dan menunjang kinerja satu sama lain untuk menjamin operasional mesin dapat bekerja dengan baik pada umumnya. Komponen permesinan terbuat dari logam yang memiliki jenis dan karakter kekuatan bahan sesuai dengan sifat dasar bahan itu sendiri. Pihak maker telah menentukan karakter bahan sesuai dengan peruntukannya dalam mesin.

Seiring dengan usia pakai mesin yang semakin bertambah, tentunya komponen mesin akan mengalami penurunan kualitas. Selain itu radiasi panas dan getaran mesin juga akan menambah kualitas bahan komponen mesin akan semakin berkurang. Sementara mesin "dituntut" untuk tetap dapat beroperasi optimal, namun kuqlitas komponennya semakin berkurang. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan perlunya dilakukan perawatan mesin.

Salah satu penurunan kualitas komponen mesin yang disebabkan oleh beberapa sebab tersebut diatas adalah terjadinya keretakan bahan. 

Keretakan bahan yang terjadi apabila tidak segera teridentifikasi dan selanjutnya mendapatkan tindakan yang terukur, maka akan berakibat fatal terhadap kinerja mesin pada umumnya. Kerusakan yang lebih parah akan terjadi. Selain itu, bahaya ancaman keselamatan jiwa "sang operator" bukan tidak mungkin akan dipertaruhkan juga.

Mungkin secara awam dapat kita identifikasi keretakan tersebut dengan pengamatan visual yang mendetail pada setiap permukaan bahan. Namun, kondisi yang berbeda terjadi dilapangan adalah, bahwa keretakan tidak serta merta dapat teridentifikasi dengan mudah secara visual. Kondisi yang demikian mewajibkan kita untuk menggunakan "alat bantu" yang dapat dijadikan bahan pembuktian keretakan bahan.

Pengujian keretakan ini dilapangan lebih dikenal dengan istilah crack test, spot check, eye test atau color test.

"Alat bantu" yang digunakan adalah kelengkapan test yang (biasanya) terdiri dari tiga kemasan botol semprot (spray) yaitu:

  1. Remover (biasanya tidak berwarna / bening), digunakan untuk menghilangkan kotoran atau minyak pada permukaan yang akan dilakukan pengujian.
  2. Penetrant (biasanya berwarna merah), merupakan cairan yang akan kering apabila telah disemprotkan dan sebagai penetrant yang akan mengidentifikasi keretakan bahan.
  3. Developer (biasanya berwarna putih), merupakan komponen akhir.
Langkah - langkah dalam pengujian keretakan bahan adalah sebagai berikut,
  1. Dengan menggunakan "remover", bersihkan permukaan bahan yang akan diuji terhadap kontaminasi kototan dan minyak.
  2. Semprotkan cairan "penetrant" hingga merata pada permukaan bahan. Tunggu selama kurang lebih lima menit. Kemudian bersihkan menggunakan lap majun bersih.
  3. Setelah "penetrant" dibersihkan, semprotkan "developer" secara merata pada permukaannya. Kemudian tunggu hingga kondisinya kering selama kurang lebih 10 -15 menit.
  4. Apabila teridentifikasi adanya keretakan maka "developer" akan menarik "penetrant" yang berwarna merah ke permukaan. Artinya keretakan akan teridentifikasi dengan warna merah di permukaan.
Uji keretakan spindle & seating exhaust valve ME (foto by : arsip pribadi penulis)


Pengujian keretakan spindle & seating exhaust valve ME B & W 6 L 42 MC (foto by: arsip pribadi penulis)



Hal yang perlu menjadi catatan dalam tindakan pengujian ini diantaranya adalah,
  1. Pastikan permukaan bahan harus bersih dan kering sebelum dilakukan pengujian.
  2. Untuk menghasilkan lapisan yang maksimal, maka jarak semprot direkomendasikan antara 20-30 cm dari permukaan bahan. Artinya, tidak dibenarkan untuk terlalu jauh atau terlalu dekat.
  3. Gunakan alat pelindung diri yang sesuai, masker pelindung nafas menjadi hal wajib yang harus dipakai karena tindakan penyemprotan akan menghasilkan butiran butiran kecil yang berbahaya apabila terhirup saat bernafas.
  4. Gunakan alas bahan yang sesuai dan aman untuk menjamin kebersihan lingkungan kerja. Dalam proses penyemprotan akan menghasilkan bekas seperti noda cat, maka disarankan untuk menggunakan pelindung yang aman.


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar