Just another free Blogger theme

Dalam dunia pelayaran, efisiensi dan performa kapal sangat bergantung pada sistem propulsi, khususnya propeller (baling-baling). Salah satu fenomena penting yang harus dipahami dalam sistem propulsi adalah slip propeller.

Slip propeller ini bukan berarti propeller/baling-baling tergelincir secara fisik, tetapi pengertian slip pada propeller kapal adalah perbedaan antara kecepatan teoritis kapal (jika propeller mendorong kapal tanpa kehilangan energi) dan kecepatan aktual kapal di air.

Slip propeller menjadi indikator penting dalam menganalisis efisiensi kerja propeller dan performa kapal secara keseluruhan.

1.    Apparent slip (slip semu).

Mengacu pada selisih teoritis dan kecepatan nyata tanpa memperhitungkan efek arus atau angin. Ini adalah bentuk slip yang paling umum dihitung secara manual.

2.    True slip (slip nyata).

Mengoreksi apparent slip dengan mempertimbangkan efek kecepatan relatif air terhadap kapal, seperti arus atau hambatan.

Interpretasi nilai slip,

          Slip positif (normal): artinya kapal bergerak lebih lambat dari perhitungan teoritis normal karena selalu ada hambatan.

          Slip 0% atau mendekati nol: teoritis dan nyatanya hampir sama jarang terjadi karena selalu ada loss (kehilangan).

          Slip negatif: kapal tampak bergerak lebih cepat dari pitch teoritis propeller bisa karena arus kuat dari belakang (favorable current) atau kesalahan perhitungan.

Faktor yang mempengaruhi slip propeller

          Desain propeller (jumlah daun, pitch, diameter).

          Beban kapal.

          Kondisi permukaan lambung kapal (fouling, kerak serta terintip dari tiram).

          Kondisi laut dan arus.

          Kondisi mesin utama (tenaga output vs kecepatan kapal).

          Kecepatan putar propeller.

Dampak slip terhadap operasional kapal

  1. Efisiensi bahan bakar: slip tinggi menunjukkan banyak energi terbuang konsumsi bbm meningkat.
  2. Indikator kerusakan atau fouling: slip meningkat bisa menjadi tanda adanya kerusakan propeller, kerak pada lambung, atau gangguan pada sistem mesin.
  3. Perencanaan perawatan (maintenance): monitoring slip secara rutin dapat menjadi indikator perlunya dry docking, propeller polishing, atau perbaikan sistem propulsi.
  4. Efisiensi ekonomi pelayaran: slip yang optimal menjaga performa kapal dan mendukung profitabilitas karena berbanding lurus dengan waktu tempuh dan konsumsi bbm.

Cara mengurangi slip propeller

  • Desain propeller yang tepat (pitch dan diameter disesuaikan dengan karakter kapal).
  • Perawatan rutin lambung dan propeller (membersihkan fouling).
  • Menghindari overloading kapal.
  • Menjaga efisiensi mesin utama.
  • Pemilihan kecepatan jelajah yang sesuai (economic speed).

Secara matematis, slip propeller dengan rentang waktu tertentu dihitung dengan rumusan sebagai berikut,

Slip                      = (Teorical distance - Actual distance) / Teotical distance x 100%

                            =  ((Pitch x rpm x waktu) - Actual distance) / (Pitch x rpm x waktu) x 100%

Dimana,

Pitch propeller dalam satuan meter.

Rpm mesin dalam satuan per-menit.

Waktu dalam satuan menit.

Jarak dalam satuan meter. (nmile meter).

Selain menggunakan rumusan jarak diatas, perhitungan slip juga dapat dilakukan menggunakan kalkulasi speed. Dengan menggunakan elemen ini, untuk memudahkan perhitungan, harus dilakukan dengan satuan yang sama.

Slip                      = (Teorical speed - Actual speed) / (Teorical speed) x 100%

                            =  ((Pitch x Putaran mesin) - Actual speed) / (Pitch x Putaran mesin) x 100%

Konversikan semua satuan menjadi meter dan second.

Slip propeller adalah parameter penting dalam menilai efisiensi sistem propulsi kapal. Meskipun slip tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, pemantauan dan pengelolaan slip yang baik dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi biaya operasional, dan memperpanjang umur komponen mesin serta propeller. Pemahaman tentang slip tidak hanya penting bagi perwira mesin, tetapi juga bagi pemilik kapal dan operator dalam membuat keputusan strategis mengenai perawatan dan operasional kapal.

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar