Pada dasarnya, berdasarkan media yang digunakan, sistem kontrol (control system) diatas kapal dibagi menjadi tiga jenis yaitu,
•      
Manual control system adalah sistem kendali manual. Operator mengendalikan,
mengoperasikan dan melakukan pemantauan secara manual dengan memaksimalkan
fungsi peran anggota tubuh dan panca indra. 
•      
Pneumatic control system adalah sistem kendali yang dapat dilakukan secara jarak
jauh (remote) dengan menggunakan media udara bertekanan (compress
air) yang dialirkan dalam system pipa.
•      
Electric control system, pengendalian secara jarak jauh (remote) dengan
menggunakan kendali kelistrikan yang terangkai membentuk sistem untuk
pengoperasian dan/atau pemantauan kondisi yang ada di local side.
Engine control system merupakan system kendali mesin kapal dalam
operasional pelayaran untuk mencapai putaran mesin dan/atau kecepatan kapal
yang dikehendaki. 
•       Engine side control console (local side). Operasional pengendalian putaran, proses start-stop dan
pantauan kondisi mesin induk dilakukan di sisi mesin (local side). Pada
proses manouvering, operator berada di sisi mesin untuk menyesuaikan
order putaran dan/atau tingkat kecepatan yang diteriman dari anjungan. Sistem
control ini pada umumnya dilakukan pada saat,
-      
Engine dalam peroses perawatan dan memerlukan running test yang
harus dilakukan secara langsung dari engine side.
-      
Terjadi kerusakan dan/atau kegagalan system kendali electric dan/atau
pneumatic dari bridge dan/atau engine control room.
•      
Remote control dari engine control room (ECR control). Dalam system ini,
pengaturan putaran serta proses start dan/atau stop engine dilakukan
melalui handle yang ada dalam engine control room. Untuk dapat
melakukan system kendali dari sisi ini, maka operator harus memindahkan handle control
change over switch yang ada di sisi mesin dari “LOCAL SIDE” ke “ENGINE
CONTROL ROOM”. 
•       Remote control dari anjungan (bridge control). Sistem kendali operasional
dan kecepatan  main engine dilakukan
di anjungan. Untuk melakukan kendali dari anjungan, tombol konfirmasi harus
diaktifkan sebagai tanda anjungan telah menerima isyarat pemindahan control
possition.




 
 
 
 
 
0 comments:
Posting Komentar