Just another free Blogger theme

Diatas kapal, ada beberapa jenis alat ukur tekanan/vacum untuk mengetahui nilai tekanan dan/atau vacum suatu sistem yang bekerja. Pada prakteknya dilapangan, para operator akan menemui beberapa jenis alat ukur tekanan sesuai dengan fungsinya.

Pada skala alat ukur tekanan, tidak jarang akan ditemukan cairan bening yang "merendam" needle scale. Cairan yang dimaksud dinamakan glycerin.

Glycerin adalah cairan bening tidak berwarna, tidak berbau dan pada dasarnya memiliki rasa manis. Dalam rumusan kimiawi, glycerin memiliki rumus molekul C3H8O3.

Pressure gauge dengan isian liquid didalamnya. (Foto by: Dokumentasi pribadi penulis.

Sifat dasar dari glycerin adalah menyerap kelembaban, hydrogen sulfida, hydrogen sianida dan sulfur dioksida dari udara.

Penggunaan glycerin pada alat ukur memiliki tujuan untuk meredam getaran (absorb vibration) yang diterima oleh jarum penunjuk sehingga akan menjamin akurasi hasil ukur. Jarum penunjuk akan stabil untuk menunjukkan hasil pengukuran. 
Selain memiliki nilai akurasi yang tinggi, alat ukur dengan jenis ini juga akan lebih panjang usia pakainya.


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar