Pada jenis pompa air laut yang terpasang diatas kapal, tidak jarang dipasangkan unit vacum pump yang konstruksinya tersambung dengan pompa itu sendiri. Jenis pompa air laut yang sering menggunakan unit vacum pump ini misalnya adalah GS pump dan/atau bilge pump.
Alasan
pemasangan unit pompa ini adalah untuk menjamin pompa dapat beroperasi dengan
cepat (dalam artian mencegah terhadap resiko ”masuk angin”) terlebih pada saat
pertama kali dioperasikan.
Cara kerja
pompa vacum adalah sebagai berikut,
Pada saat
friction clutch yang terpasang pada shaft pompa dengan shaft vacum
pump saling bersinggungan, maka pada saat pompa berputar akan menggerakkan shaft
vacum pump. Putaran vacum pump pada saat awal operasional pompa
(pada saat pompa belum menghisap cairan), akan menghisap udara yang ada dalam suction
line pompa.
Pada saat
suction line dalam kondisi vacum (tekanan dalam suction line bernilai
negatif), maka dimungkinkan pompa akan beroperasi untuk menghisap
cairan. Dalam kondisi ini, maka discharge line akan menghasilkan tekanan
yang bernilai positif. Tekanan yang berasal dari discharge line sebagian
kecil akan dialirkan menuju auto cylinder. Tekanan cairan dari discharge
line akan mendorong piston yang terpasang dalam auto cylinder. Dalam
kondisi ini, maka lever yang terpasang pada unung auto cylinder akan
bergerak sesuai dengan prinsip pengungkit. Gerakan ini akan melepaskan sambungan
friction clutch yang terpasang antara shaft pompa dengan shaft
vacum pump akan terlepas sehingga putaran vacum pump akan terhenti. Vacum
pump akan berputar kembali pada saat tekanan discharge line turun
(saat ada masalah hisapan pada pompa, cairan telah habis dan/atau pada saat
pompa dimatikan).
Cara pengoperasian Vacum Pump
Cara pengoperasian vacum pump (berdasarkan sketsa gambar) adalah dengan langkah kerja sebagai berikut,
- Untuk pertama kali pengoperasian, isikan air kedalam circulating water tank sampai dengan permukaannya penuh.
- Buka suction dan discharge valve pada pompa.
- Putar searah putaran jarum jam adjustable nut yang terpasang pada auto cylinder. Adjustable nut diputar sampai dengan permukaan friction clutch yang terpasang pada shaft pump dengan friction clutch yang terpasang pada vacum pump saling bersinggungan atau saling bergesekan.
- Persiapkan untuk start pompa.
- Pompa vacum akan bekerja untuk “menciptakan” vacum pada suction line pompa. Setelah cairan berhasil dipompa, maka tekanan cairan akan mendorong piston yang terpasang dalam auto cylinder. Piston yang terdorong akan menggerakkan lever yang tersambung pada friction clutch. Dengan demikian, maka vacum pump akan berhenti beroperasi.
0 komentar:
Posting Komentar